Sayap di sini bukan seperti sayap pada burung ya FitPeople. Otot sayap ini bisa muncul ketika otot latissimus dorsi, atau lat, yang berada di bagian belakang tubuh berkembang secara menyeluruh. Otot latissimus dorsi ini merupakan salah satu otot terbesar pada tubuh yang bertanggung jawab atas adduksi dan ekstensi bahu.

Untuk membentuk otot sayap ini sebenarnya tidak sulit, ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan sebagai cara membentuk otot sayap. Dengan berolahraga akan membebani otot latissimus dorsi yang merangsang pertumbuhan otot

Cara Membentuk Otot Sayap

Dalam membentuk otot sayap diperlukan konsistensi dan akurasi gerakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jadwalkan latihan beban punggung setiap dua kali dalam seminggu. Agar kamu tidak salah dalam memiliki gerakan, simak macam-macam latihannya.

Chin Up

Chin Up: Video Exercise Guide & Tips
Chin up merupakan jenis latihan fisik yang sangat populer. Bukan hanya membentuk otot sayap, chin up juga efektif melatih otot bisep. Caranya, pertama-tama kamu berdiri tiang chin up dan genggam tiangnya dengan kedua telapak tangan. Kemudian, sedikit demi sedikit angkatlah tubuh kamu ke atas sampai dagu melewati tiang.

Saat melakukan gerakan chin up, kedua kaki yang terangkat harus menekuk ke belakang. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik lalu bergeraklah ke bawah dan lepaskan tangan dari tiang. Sebelum kamu mencoba latihan ini, kamu harus pemanasan terlebih dahulu pada otot leher.

Wide Grip Pull-up

Wide-Grip Pull-Up | Exercise Guides.
Cara membentuk otot sayap yang kedua adalah dengan latihan pull-up. Melakukan pull-up dengan penempatan tangan yang lebar akan menekan otot lat. Raih dan pegang palang atas dengan tangan, dan aturlah beberapa inci tangan kamu lebih lebar dari bahu dan posisikan telapak tangan menghadap ke depan. Dorong tubuh ke atas ke arah palang sampai dagu melewati palang dan kemudian kendalikan tubuh kamu saat menurunkannya.

Barbell Pullover


Cara membentuk otot sayap yang keempat yaitu dengan barbell pullover. Berbaringlah di bangku datar dengan genggam barbel di atas dada dengan lengan terentang ke atas dan kedua tangan terbuka selebar bahu. Pertahankan siku yang tetap lurus, kemudian turunkan barbel ke belakang kepala sampai lengan atas kamu sejajar dengan lantai, lalu angkat barbel kembali ke dada. Karena latihan ini menggunakan berat barbel, maka berlatihlah sesuai kemampuan tubuh kamu.

Lat Pull Downs


Cara membentuk otot sayap yang ketiga adalah dengan latihan lat pull down. Lakukan lat pull down dengan pegangan lebar. Duduklah dan raih dan pegang palang atas dengan tangan terentang ke atas yang lebih lebar dari bahu serta telapak tangan menghadap ke depan.

Tarik palang ke bawah menuju dada bagian atas dengan mendorong siku ke sisi tubuh kamu. Kontrol palang saat kamu membiarkannya kembali ke posisi awal dengan merentangkan lengan.

Dumbbell Side Lateral Raise

Dumbbell Lateral Raise: Video Exercise Guide & Tips
Gerakan olahraga satu ini dilakukan dalam posisi berdiri tegak dengan kedua tangan memegang dumbbell dan menghadap ke depan. Sebelum melakukan latihan ini, atur siku agar menekuk ke depan, selanjutnya kamu angkat kedua tangan ke atas dalam posisi menyamping.

Itulah lima gerakan latihan yang efektif membentuk otot sayap. Sebelum melakukannya kamu diharuskan untuk pemanasan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Kamu juga harus menjaga pola dan asupan makan untuk hasil yang maksimal.